Kumpulan Tugas IPA

Fungsi Darah

Fungsi darah - Darah merupakan cairan berwarna merah yang mengandung banyak sel. drah terdapat di dalam pembuluh darah. warna merahtersebut disebabkan karena kandungan protein pada darah yang  tersusun  Tersusun dari unsur hemin dan globin biasanya disebut hemoglobin. warna merah tersebut dapat mengalami perubahan warna menjadi merah tua maupun merah muda. Hal itu tergantung dari kadar oksigen O2 maupun kadar karbondioksida CO2 yang dikandungnya. Darah akan berwarna merah muda apa bila kandungan oksigen dalam darah tinggi. begitu juga sebaliknya darah akan berwarna merah tua apabila kandungan karbondioksida nya tinggi.

Fungsi Darah

Volume darah manusia sangat bervariasi, tergantung dari jenis kelamin dan usia nya. Jumlah darah bayi akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang dewasa. Volume darah pada laki laki dewasa berkisar 5 sampai 6 liter. Sedangkan wanita dewasa, volume darah berkisar antara 4 hingga 5 liter. Pada umumnya volume darah manusia adalah 8% dari berat badannya.

Fungsi Darah Pada Manusia

  1. Mengangkut oksigen dari paru paru ke seluruh tubuh.
  2. Mengangkut karbondioksida sisa metabolisme sel dari jaringan tubuh menuju ke alat alat ekskresi untuk dibuang keluar tubuh.
  3. Mengedarkan sari sari makanan (nutrisi) dari usus ke jaringan tubuh. 4.menjaga dan mengontrol suhu tubuh.
  4. Mengatur penyebaran hormon dari kelenjar endokrin ke sel sel dalam tubuh.
  5. Menutup luka serta mencegah terjadinya infeksi karena luka.
  6. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh (pH) untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan senyawa buffer.
Facebook Twitter Google+