Kumpulan Tugas IPA

Sistem Ekskresi Manusia Penjelasan Singkat dan Lengkap

Sistem ekskresi manusia adalah proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang berbahaya bagi tubuh manusia. Organ yang berperan pada proses ekskresi ini meliputi, hati, paru-paru, ginjal, dan kulit yang masing-masing akan mengeluarkan empedu, CO2, urine, dan keringat. Semua itu dikeluarkan oleh tubuh manusia karena sudah tidak berguna bagi tubuh dan akan berbahaya jika tidak dikeluarkan. Langsung saja dibawah ini akan dijelaskan sistem ekskresi pada manusia.

Sistem Ekskresi Manusia

1. Hati

Hati adalah salah satu sistem ekskresi manusia karena mengeluarkan empedu atau cairan yang warnanya kehijauan dan pahit. Empedu ini mengandung zat sisa dari sel darah merah yang rusak dalam limpa. Fungsi hati yaitu menghasilkan getah empedu dari perombakan sel darah merah yang telah tua. Getah empedu sendiri mengandung garam empedu untuk membantu proses pencernaan dan warna empedu yang menjadi penyebab urine dan fases berwarna kuning kecoklatan.

2. Paru-paru

Paru-paru merupakan alat pernapasan pada manusia sekaligus sebagai organ ekskresi. Hal ini karena paru-paru mengeluarkan ekskret yang berupa gas karbondioksida dan uap air yang merupakan zat sisa dari proses pernapasan.
3. Ginjal
Sistem ekskresi manusia selanjutnya adalah ginjal. Organ manusia yang bentuknya seperti kacang merah ini menjadi sistem ekskresi pada manusia karena mengeluarkan urine. Ginjal sebagai komponen utama penyusun urine yang dibantu dengan kantung kemih, ureter, dan uretra. Urine menjadi salah satu zat berbahaya dalam tubuh manusia sehingga harus dikeluarkan.

4. Kulit

Kulit merupakan organ terluar pada tubuh manusia dengan beberapa lapisan penyusunnya yang terdiri dari epidermis, dermis, dan jaringan bawah kulit . Selain berfungsi sebagai indera peraba dan perasa, kulit juga sebagai sitem ekskresi pada manusia. Organ terluas pada tubuh manusia ini mengeluarkan keringat yang merupakan zat sisa melalui pori-pori. Keringat yang dikeluarkan oleh kulit mengandung air dan garam mineral.

Itulah beberapa organ yang berperan dalam sistem ekskresi manusia yang mengeluarkan zat-zat sisa berbahaya dalam tubuh. Ketika zat berbahaya dalam tubuh tidak dikeluarkan akan mengganggu fungsi tubuh yang lain.
Facebook Twitter Google+