Kumpulan Tugas IPA

7 Bagian Ginjal dan Penjelasannya Singkat Lengkap

Ginjal merupakan organ manusia yang berfungsi sebagai penyaring darah dan menjadi salah satu sistem ekskresi atau pengeluaran sisa zat-zat metabolisme. Manusia memiliki 2 ginjal yang terletak di bagian bawah perut sebelah kanan dengan 3 bagian utama yang membentuknya. Diantaranya, korteks, medula, dan pelvis yang masing-masing memiliki bagian-bagian tersendiri. Bagian bagian ginjal memiliki fungsi masing-masing yang sangat penting untuk menyaring darah dan mengeluarkan zat-zat sisa.
Bagian Bagian Ginjal

Bagian Organ Ginjal Manusia

  1. Calyes merupakan temapt penampungan urine sebelum mencapai pada kandung kemih melalui ureter. Calyes ini bentuknya seperti cangkir.
  2. Pelvis, salah satu bagian utama ginjal ini sebagai tempat penampungan sementara urine yang akan dialirkan ke kandung kemih dan dikeluarkan melalui uretra.
  3. Medula, bagian ginjal yang memiliki beberapa badan berbentuk piramida atau kerucut dan terdapat lengkung henle yang menjadi penghubung antara tubulus kontortus proksimal dan distal.
  4. Korteks, bagian ini memiliki jutaan nefron yang terdiri dari badan malphigi dengan susunan glomerulus serta diselubungi oleh kapsula bowman dan tubulus.
  5. Ureter, merupakan saluran berbentuk silinder yang mendorong urine dari ginjal ke kandung kemih.
  6. Vena ginjal, merupakan pembuluh balik yang membawa darah keluar dari ginjal menuju ke vena cava inferior dan kembali ke jantung.
  7. Arteri ginjal, yakni pembuluh nadi yang membawa darah ke ginjal untuk disaring di glomerulus.
Selain itu, di dalam korteks terdapat jutaan nefron (tempat penyaringan darah) yang masih memiliki bagian-bagian tersendiri, diataranya:
  1. Glomerulus, tempat penyaringan air, asam amino, glukosa, air, dan urea yang akan menghasilkan urine primer.
  2. Kapsula bowman, kantong pembungkus glomerulus.
  3. Tubulus kontortus proksimal, tempat penyaringan kembali urin primer yang masih dibutuhkan tubuh kemudian menghasilkan urine sekunder.
  4. Lengkung henle, yang menghubungkan tubulus kontortus proksimal dengan distal.
  5. Tubulus kontortus distal, tempat pelepasan zat-zat yang tidak berguna atau berlebihan bagi tubuh dalam urine sekunder.
  6. Tubulus kolektivus, tabung panjang dan sempit untuk menampung urine dari nefron yang disalurkan ke pelvis menuju kandung kemih.
Itulah bagian bagian ginjal yang ada dalam tubuh manusia. Masing-maisng berperan sesuai dengan fungsinya. Jika salah satu tidak menjalankan fungsinya atau ada yang tidak berfungsi maka akan mengganggu kerja ginjal. Ketika fungsi ginjal ada yang rusak, artinya ginjal terkena penyakit yang berujung pada kegagalan ginjal.
Facebook Twitter Google+