Kumpulan Tugas IPA

Pengertian Gerak Lurus Beraturan Singkat dan Lengkap

Sebenarnya, gerak lurus beraturan sangat jarang dijumpai bahkan sulit untuk melakukan gerak lurus beraturan. Mengapa demikian? Benda yang bergerak dapat dikatakan lurus beraturan manakala kecepatan benda tersebut konstan atau tetap. Sebuah mobil yang anda kendarai akan dikatakan gerak lurus beraturan jika anda menyetir dengan kecepatan 60 km/jam dari awal hingga akhir. Sehingga pada satu jam pertama anda akan menempuh jarak 60 km, ketika 2 jam anda akan melampaui jarak 120 km, 3 jam sampai pada 180 km, dan seterusnya. Peristiwa diatas dapat dikatakan contoh gerak lurus beraturan.
Gerak Lurus Beraturan

Namun, pertanyaannya adalah, apakah selama perjalanan anda akan selalu melaju dengan kecepatan 60 km/jam? Jika ada kemacetan di jalan tentu anda akan mengurangi kecepatan laju mobil anda. Oleh karena itu, gerak lurus beraturan sangat sulit ditemukan pada kehidupan sehari-hari namun bukan berarti tidak ada. Bisa saja anda melaju dengan kecepatan konstan atau tetap jika melintasi jalan tol. Perlu diingat bahwa gerak lurus beraturan yang terjadi pada permukaan bumi hanya pada arah horizontal, bukan vertikal. Hal ini karena arah vertikal akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi yang menyebabkan kecepatan benda bebas.

Rumus Gerak Lurus Beraturan

v = s/t
Keterangan:
v = kecepata (m/s)
s = perpindahan (m)
t = waktu yang diperlukan (s)
Jika anda ingin mengetahui posisi suatu benda maka dapat dicari dengan rumus:
s = v.t
Contoh soal:
Sebuah mobil bergerak di jalan pahlawan dengan kelajuan tetap 80 km/jam  selama 15 menit. Berapa jarak yang ditempuh mobil selama 15 menit?
Penyelesaian:
Kecepatan (v) = 80 km/jam
Waktu (t) = 15 menit = 1/4 jam
s = v. t = (80 km/jam).(1/4 jam) = 20 km
Jadi, jarak yang ditembuh mobil dijalan pahlawan selama 15 menit sejauh 20 km.
Sangat mudah bukan? anda dapat mencobanya dengan menyelesaikan soal-soal yang lainnya. Seperti itulah gerak lurus beraturan beserta rumus dan contoh soalnya yang bisa dijadikan referensi.
Facebook Twitter Google+