Kumpulan Tugas IPA

9 Fungsi Plasma Darah Rangkuman Singkat Lengkap Jelas

Plasma darah merupakan bagian darah yang berupa cairan yang tersusun dari beberapa komponen dan berwarna kekuningan. Sebagian besar volume darah manusia berupa plasma darah,  yaitu sekitar 55 % dari volume totalnya, 91 % bagian dari plasma darah berupa air, dan sisanya berupa sari sari makanan,garam garammineral, sisa sisa metabolisme dan 7 % berupa protein darah. plasma darah tersusun oleh beberapaunsur, antara lain sebagai berikut:

Fungsi Plasma Darah
  1. Air berfungsi melarutkan zat zat yang terlarut dalam plasma darah seperti glukosayang digunakan oleh sel sel tubuh sebagai sumber energi,asam amino, serta ion ion lain ( natium dan klor )
  2. Protein merupakan molekul penyusun palasma darah yang keberadaanya sekitar 7 % molekul protein terdiri atas: A. Albumin berfungsi untuk mengatur volume darah,menjaga keseimbangan pH dalam darah, serta menjaga keseimbangan kadar air dalam darah. serum albumin keberadaanya dalam plasma darah sekitar 4%. B. Globulin berfungsi mengaturperedaran lemak, vitamin, dan hormon dalam tubuh serta menghasilkan protombin dan zat antibodi sebagai sistem kekekalan tubuh. C. Fibrinogen berfungsi untuk menghentikan peredaranjika terjadi luka dengan caramembekukan darah.
  3. Serum plasma darah berfungsi sebagai antibodi
  4. Opisimin menompang tugas leukosit untuk mematikan mikroorganisme asing yang masuk kedalam tubuh ( sifat fagosit)
  5. Antitoksin untuk menetralisir toksin ( racun ) yang masuk ke dalam tubuh dengan cara bergabung dengan toksin yang dihasilkan bakteri sehingga toksin itu tidak berbahaya.
  6. Garam garam mineral ( NaCi, KCI, serta garam garam fosfat) berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan darah, menjaga pH darah, serta mengaturdaya serapmembren sel.
  7. Hormon berperan dalam merangsang serta meningkatkan fungsi kerja alat alat tubuh.
  8. Karbondioksida merupakanhasil respirasi sel yang harus di buah keluar tubuh.
  9. Sampah nitrogen merupakan hasil metabolisme yang akan dibuang melalui urine yang diekskresikan oleh ginjal.
Di dalam plasma darah juga terdapat beberapa jenis zat antibodi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi tubuh dari penyakit. antibodi tersebut dapat berkerja memalui berbagi jenis, yaitu menyerang langsung penyebab penyakit yang masuk ke tubuh atau merusak penyebab  penyakit yang masuk ke tubuh dengan mengaktifkan sistem komplemen.

Ada beberapa cara yang dilakukan olehantibodi untuk melemahkan penyakit atau patogen yang masuk ke tubuh. di antaranya adalah aglutinasi, presipitasi, netralisasi, dan lisis. aglutinasi adalah proses penyatuan atau pengumpalan sel atau bakteri yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan serum kekebalan yang bersangkutan.presipitasi merupakan proses pengedapan antigen yang diawali dengan terbentuknya molekul besar yang terletak di antara antigen yang terlarut. beberapa antibodi tersebut memiliki peran atau fungsi yang berbeda beda,antara lain sebagai berikut:
  1. Precipitin adalah zat antibodi yang berfungsi untuk mengumpalkan antigen
  2. Lisin adalah zat antibodi yang berfungsi untuk menguraikan antigen
  3. Antitoksin adalah zat antibodi yang berfungsi untuk menawarkan racun yang masuk kedalm tubuh.
Facebook Twitter Google+