Kumpulan Tugas IPA

Ringkasan 5 Tahapan Sistem Respirasi Pada Manusia Lengkap

Sistem respirasi pada manusia sama halnya dengan sistem pernapasan pada manusia yang merupakan proses bernapas dimulai dari pengambilan oksigen yang disalurkan ke dalam tubuh hingga pengeluaran karbondioksida. Oksigen yang dihirup manusia dari udara bebas yang kemudian dibuang ke lingkungan berupa karbondioksida. Sistem respirasi pada manusia mencakup dua hal yang meliputi, saluran dan mekanisme pernapasan. Saluran pernapasan merupakan organ tubuh manusia yang digunakan sebagai tempat perlintasan dan pertukaran gas. Berikut saluran pernapasan atau alat yang digunakan manusia untuk bernapas:

Sistem Respirasi Pada Manusia

1. Rongga Hidung

Pernapasan manusia dimulai dari penghirupan udara yang melewati rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut halus dan selaput lendir yang berfungsi sebagai penyaringan udara yang masuk. Selain itu, udara yang masuk akan disesuaikan dengan suhu dan kelembapannya sebelum masuk ke paru-paru supaya tidak terlalu kering dan lembap. Udara yang dihirup manusia tidak hanya mengandung oksigen melainkan gas-gas yang lain, tetapi hanya oksigen yang dapat berikatan dengan darah. Setelah udara melewati rongga hidung akan masuk pada tenggorokan.

2. Faring

Udara yang dihirup rongga hidung akan masuk dalam faring. Faring sendiri memiliki dua cabang saluran yakni saluran pernapasan yang terletak pada bagian depan dan pencernaan pada bagian belakang. Masuknya udara melalui faring ini dapat menyebabkan pita suara bergetar sehingga terjadinya suara. Ketika orang sedang makan sambil berbicara maka makanan dapat masuk pada saluran pernapasan karena pada saat yang bersamaan saluran pernapasan juga akan terbuka. Oleh karena itu, tidak jarang orang yang makan sambil berbicara atau tertawa akan tersedak.

3. Tenggorokan (Trakea)

Tenggorokan merupakan pipa yang terletak di leher bagian depan dengan panjang kurang lebih 10 cm yang memiliki 3 lapisan pada dindingnya, yakni lapisan luar (jaringan ikat), lapisan tengah (otot polos dan cincin tulang rawan), dan lapisan dalam (jaringan epitelium besilia). Tenggorokan berperan sebagai penghubung hidung dan mulut ke paru-paru.

4. Cabang-cabang Tenggorokan (Bronkus)

Bronkus adalah cabang trakea yang menuju paru-paru kanan dan kiri sehingga terdapat bronkus kana dan kiri. Bronkus kiri kedudukannya lebih datar daipada kanan. Fungsinya adalah sebagai sebagai penghubung oksigen yang dihirup menuju paru-paru.

5. Paru-paru

Paru-paru adalah organ manusia yang letaknya dalam rongga dada yang dibatasi oleh ototdan rusuk pada bagian samping serta dibatasi oleh diafragma pada bagian bawahnya. Paru-paru ini merupakan cabang suatu saluran dengan gelembung pada ujungnya yang disebut alveoli. Kemudian di dalam alveoli ini terjadi pertukaran gas-gas.

Seperti itulah sistem respirasi pada manusia yang membutuhkan alat pernapasan sebagai media pertukaran gas-gas yang dibutuhkan oleh manusia.
Facebook Twitter Google+