Kumpulan Tugas IPA

Ringkasan Sistem Pernapasan Pada Manusia

Setiap makhluk hidup, tak terkecuali manusia, tak dapat lepas dari aktivitas pernapasan. Bagi manusia, pernapasan dilakukan untuk mengambil oksigen yang dapat digunakan untuk membakar zat makanan yang diperoleh dari hasil pernapasan, dan untuk mengeluarkan karbondioksida dari dalam tubuh yang merupakan gas hasil pembakaran zat makanan di dalam tubuh. Aktivitas melakukan pernapasan dengan segala alat pernapasan pada tubuh manusia disebut dengan sistem pernapasan pada manusia. Dalam proses pernapasan, oksigen merupakan zat yang paling penting bagi kebutuhan manusia. Oksigen dapat dihasilkan oleh tumbuh tumbuhan di lingkungan sekitar, sehingga jika seseorang berada di tempat yang jarang ditumbuhi tumbuhan maka proses bernapas akan menjadi sedikit lebih sulit. Sebab, jumlah cadangan oksigen sangatlah sedikit.

gambar sistem pernapasan pada manusia

Tujuan utama dari aktivitas pernapasan pada manusia yang sebenarnya adalah untuk memperoleh energi yang selalu diperbarui secara terus menerus. Sebab, setiap kali manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida, selalu terjadi pembentukan energi baru untuk menggantikan energi yang dilepaskan. Sehingga dengan bernapas, manusia tetap dapat bertahan hidup. Jika saja manusia tidak melakukan aktivitas pernafasan selama beberapa waktu, maka ia akan mudah lemas karena tidak mendapatkan energi baru, dan jika hal tersebut terjadi secara berlarut larut maka dampak terburuknya adalah kematian. Oleh sebab itulah sistem pernapasan pada manusia menjadi sistem yang sangat penting untuk terus diperhatikan dan dijaga. Jangan sampai terjadi kerusakan pada sistem tersebut.

Secara umum, sistem pernapasan pada manusia mencakup dua hal, yaitu saluran pernapasan dan mekanisme pernapasan. Saluran pernapasan (tractus respiratorius atau respiratory tract) adalah bagian di dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat lintasan dan tempat pertukaran gas yang diperlukan untuk proses pernapasan. Saluran ini berpangkal pada hidung atau mulut dan berakhir pada paru paru. Sedangkan mekanisme pernapasan adalah alur perjalanan oksigen yang terjadi saat seseorang melakukan aktivitas penapasan. Berkut adalah urutan saluran pernapasan pada manusia sebagai alur perjalanan oksigen saat melakukan aktivitas pernapasan: di mulai dari rongga hidung, lalu faring, lalu trakea, lalu bronkulus, lalu berakhir di paru paru.
Facebook Twitter Google+