Kumpulan Tugas IPA

4 Proses Pembentukan Tanah Rangkuman Singkat Lengkap

Tanah adalah tempat tumbuh dan berkembangnya vegetasi untuk melangsungkan kehidupan tumbuhan. Tanah yang hampir setiap hari kita injak ini tidak tiba-tiba ada namun terbentuk melalui suatu proses yang bertahap yang sangat lama dan memerlukan waktu hingga bertahun-tahun. Langsung saja berikut penjelasannya tentang proses pembentukan tanah.

Secara umum, pembentukan tanah dibagi menjadi 4 tahapan, diataranya:

Proses Pembentukan Tanah

1. Pelapukan

Tahap pertama pembentukan tanah adalah proses pelapukan, dimana batuan yang ada di permukaan bumi ini akan mengalami pelapukan namun tidak merubah susunan kimianya. Faktor yang mengakibatkan pelapukan ini diantaranya, sinar matahari, hujan, dan suhu yang ekstrim. Kemudian adanya interaksi antara batuan dengan hidrosfer dan atmosfer akan terjadi pelapukan secara kimiawi. Dengan demikian, batuan akan menjadi stabil dan rapuh sehingga mudah ditumbuhi lumut.

2. Pelunakan

Batuan yang sudah mengalami pelapukan akan mudah dimasuki air dan udara, keduanya merembes mesuk ke dalam batuan yang mengakibatkan pelapukan di dalam batuan. Pada proses ini makhluk hidup akan mulai tumbuh pada lapisan permukaan batuan tersebut karena didukung oleh air dan udara.

3. Penumbuhan

Pada tahap ini, batuan mulai ditumbuhi rumput dan tumbuhan kecil yang akarnya mesuk kedalam batuan dan secara perlahan akan menghacurkan batuan tersebut. Proses ini dinamakan pelapukan biologis. Lama kelamaan batuan akan hancur dan menjadi unsur mineral pembentuk tanah.

4. Penyuburan

Tahap terakhir ini batuan yang mengalami pelapukan akan mulai subur akibat bercampur dengan bahan-bahan organik seperti, dedaunan dan bangkai hewan. Pada saat ini batuan sudah berubah menjadi tanah subur dan dapat ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan. Namun, dari batuan induk untuk menjadi tanah memerlukan waktu yang sangat lama. Dari tahap satu ke tahap lainnya memerlukan waktu bertahun-tahun. Membentuk tanah setebal 30 cm saja membutuhkan waktu kurang lebih 100 tahun.

Seperti itulah proses pembentukan tanah yang dapat dibagi menjadi empat tahap dengan berbagai faktor pembentuknya. Pembentukan tanah yang membutuhkan waktu sangat lama ini mengingatkan kepada kita betapa berharganya tanah. Oleh karena itu, menjaga tanah tetap subur lebih baik daripada merusaknya karena pembentukannya mencapai ratusan tahun lamanya.
Facebook Twitter Google+