Kumpulan Tugas IPA

2 Mekanisme Pernapasan Manusia Dada dan Perut Penjelasan Lengkap

Mekanisme Pernafasan - Kerja paru paru diatur oleh rongga dada rongga perut, yang mengatur volumedan tekanan paru paru. Atas dasar caranya, pernafasan dibagi menjadi dua macam.

Mekanisme Pernafasan

Pernafasan Dada

Mekanisme pernafasan dada menggunakan otot antar tulang rusuk dalam proses pengambilan dan pengeluaran udara. Otot ini terdiri dari dua bagian,yaitu otot antar tulang rusuk luar dan otot anatar tulang rusuk dalam. Ketika otot tulang rusuk luar berkontraksi, tulang rusuk akan terangkat,pada kondisi ini dalam tubuh akan terjadi inspirasi, sehingga volume rongga dada menjadi besar.karena volume rongga dadamembesar,maka tekanan udara dalam rongga dada mengecil. Sementara tekanan udara luar terjaga tetap, udara dari lingkungan akan masuk menuju paru paru melalui saluran pernafasan.

Ketika otot antar tulang rusuk dalam berkontraksi/menegang, maka tulang rusuk dan tulang dada akan kembali ke posisi semula. Pada kondisi ini dalm tubuh akan terjadiekspirasi. Karena volume rongga dada mengecil, maka tekanan udara dalam rongga dada membesar, sementara tekanan udara di lingkungan tetap, udara darirongga paru paru akan keluar ke lingkungan.

Pernafasan Perut

Mekanisme pernafasan perut menggunakan prinsip kerjaotot otot diafragma dan otot dinding rongga perut. Ketika otot diafragma berkontraksi, diafragma akan menjadi datar.ketika itu pula volume rongga dada membesar, sedangkan tekanan udaraluar tidak berubah, sehingga paru paru mengembang, akibatnya udara akan mengalir dari lingkungan menuju paru paru. Fase ini disebut fase inspirasi.

Sedangkan pada fase ekspirasi terjadi ketika otot diafragma berelaksasi. Ketika otot diafragma berelaksasi, otot dinding ronggaperut berkontraksi. Sehingga, rongga perut terdesak ke arah diafragma dan keadaan diafragma mencengkung. Akibatnya volume rongga dada mengecil dan tekanan udaranya meningkat. Pada kondisi ini udara akan mengalir dari rongga paru paru menuju lingkungan.
Facebook Twitter Google+